article thumbnail

  Kratom kering (Mitragyna speciosa) adalah pohon tropis asli ke hutan dari Asia Tenggara. Tanaman ini telah digunakan oleh orang-orang di Thailand, Malaysia dan Indonesia selama berabad-abad untuk  [ ... ]



article thumbnail


BUKU BARU SOP PASCAPANEN CABAI MERAH
    Buku SOP pascapanen Cabai Merah ini dapat sebagai acuan bagi pelaku usaha/petani/petugas untuk melaksanakan pascapanen sehingga dapat meningkatkan mut [ ... ]


Home
Minggu, 20 Maret 2011 00:00


GERAKAN NASIONAL PENANGANAN ANOMALI IKLIM DI PUSPA LEBO, SIDOARJO

Hampir sepanjang tahun 2010 Indonesia mengalami musim hujan sepanjang tahun yang mengakibatkan kerusakan pada tanaman akibat kelembaban yang tinggi, meningkatkan resiko serangan OPT, dan penyaikt pada tanaman. Hal ini mengakibatkan penurunan produktivitas sayuran dan kerusakan pascapanen sehingga mengganggu pasokan sayuran kepada masyarakat.

Menghadapi situasi ini, perlu melakukan berbagai langkah-langkah sebagai antisipasi dalam memecahkan permasalahan terhadap stabilitas ketersediaan pangan masyarakat meskipun tidak dapat menghindar dari dampak anomali iklim, karena itu  harus melakukan langkah-langkah mitigasi, adaptasi dan upaya khusus dalam pengembangan produksi pertanian.

 

 

Hasil Kegiatan

Kegiatan Gerakan Nasional Penanganan Anomali Iklim Petani Indonesia ini, dilaksanakan tanggal 14 Januari 2011 di Puspa Lebo, UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pertanian provinsi Jawa Timur yang  ada di Desa Lebo, Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo dengan luas areal 4 Ha, dimana terdapat kegiatan pengembangan agribisnis buah, sayur dan tanaman pangan lainnya yang menggunakan metode “green house” dan telah menjadi pemasok buah Melon Madu untuk supermarket di Surabaya, tempat Buya-buya, shading net (cabai, tomat dan sayuran daun), green house, tanaman obat, juga tersedia lahan untuk bermain dan bercocok tanam untuk murid sekolah dan kegiatan outbond.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kementerian Pertanian, Pemda provinsi Jawa Timur dan Induk Koperasi Tani dan Nelayan (INKOPTAN). Puncak acara ini dihadiri oleh Presiden RI (Dr. Soesilo Bambang Yudoyono) beserta Ibu Negara, beberapa Menteri (Perekonomian, Pertanian, Perikanan dan Kelautan, Koperasi, BUMN, Pemda, dll), Gubernur, Bupati, Walikota se Jawa Timur, Komisi IV DPR RI, masyarakat tani, dan undangan lainnya. Adapun hasil dari kegiatan ini, adalah :

a.   Laporan dari Ketua Umum INKOPTAN, sambutan dan laporan Gubernur Jawa Timur, laporan perkembangan oleh Menteri Pertanian.

b.   Penandatangan nota kesepahaman (MOU) beberapa Institusi dan Organisasi.

c.    Penyerahan buku penanganan Anomali iklim untuk pertanian.

d.   Arahan Presiden RI,  dimana bangsa Indonesia harus lebih mencintai produk dalam negeri khususnya produk-produk pertanian, melalui kampanye konsumsi sayuran dan buah Indonesia.

Lembaga-lembaga penelitian diharapkan lebih kreatif menemukan hal-hal baru, untuk mendorong munculnya produk-produk unggulan dan berkualitas tinggi. Hal serupa dihimbau kepada semua masyarakat untuk jangan berhenti dan terus berusaha menemukan tehnologi-tehnologi baru, pemerintah akan mendukung hal ini.

Salah satu cara mengatasi kelangkaan bahan pangan, khususnya sayuran dan buah-buahan. Presiden mengajak untuk memanfaatkan pekarangan secara efektif, baik dan benar, untuk itu kepada Kementerian Pertanian memikirkan hal ini dengan memberikan contoh, bimbingan dan penyediaan prasana dan sarana yang diperlukan.

e.   Tele Conference Presiden dengan Pemda dan petani Medan, Samarinda dan Makasar.

f.    Pada kesempatan ini Presiden dan ibu Negara dengan didampingi Menteri Pertanian dan Gubernur serta Dirjen Hortikultura, melakukan wawancara secara langsung dengan para ketua kelompok tani sayuran dari Kabupaten Sidoarjo.

g.   Dalam rangkaian acara ini Presiden telah melakukan kunjungan ke pameran produk dan kegiatan pertanian yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian terkait di wilayah provinsi Jawa Timur.

h.   Peninjauan sarana dan fasilitas Puspa Lebo, dan peninjauan Rumah Hijau yang khusus menampilkan aneka tanaman dan produk hortikultura untuk pemanfaatan pekarangan. Kunjungan ini dipandu oleh Menteri Pertanian dan Gubernur Jawa Timur (Dr. Soekarwo) dan Ketua INKOPTAN (Ir. Winaro Tohir).

 

LAST_UPDATED2
 

Add comment


Security code
Refresh

Jumat, 18 April 2014

INFORMASI

Turn off/on Sound Options Smileys History FAQ Kide Chat
13:09-- System: Welcome!
0:29-- abdi: selamat datang web
0:30-- abdi: :)
10:59-- Guest_7655: [url=http://www.reviewgue.com/2014/03/jasa-seo-murah-semarang-indonesia.html]jasa seo murah di semarang[/url]
2:21-- Guest_2946: «link» jasa seo demak top «link» jasa seo semarang top «link» obat pembesar penis top «link» obat pembesar penis top

Name:
Message:


:) :( ;) :P :D :| :O :S O.O 8) :_( :-* (!) (?)


Get the Flash Player to see this player.

time2online Joomla Extensions: Simple Video Flash Player Module

Loading...

Jejak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang situs kami
 
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday462
mod_vvisit_counterYesterday695
mod_vvisit_counterThis week12275
mod_vvisit_counterLast week4953
mod_vvisit_counterThis month23152
mod_vvisit_counterLast month40756
mod_vvisit_counterAll days930406
Terdapat 17 Tamu online